Timnas Inggris di Piala Dunia 2006
Timnas Inggris di Piala Dunia 2006

Angkatan Emas Timnas Inggris di Piala Dunia 2006

Diposting pada

Angkatan Emas Timnas Inggris di Piala Dunia 2006. Timnas Inggris selalu diposisikan dengan harapan tinggi setiap kompetisi yang mereka turuti, selainnya penekanan dari supporter setia, tim The Three Lions ditempati oleh beberapa pemain berkualitas dengan kekuatan yang bisa juga disebutkan merata.

Di zaman tahun 2000-an, terutamanya 2006, Inggris dipandang memiliki potensial tinggi untuk raih banyak prestasi, entahlah itu di ajang dunia atau Eropa, ditambah mereka diperkokoh beberapa pemain kelas top seperti David Beckham, John Terry, Steven Gerrard, Frank Lampard, sampai Wayne Rooney. Ini selanjutnya munculkan istilah England Golden Generation atau Angkatan Emas Inggris.

Sayang, Inggris tidak berhasil menjawab harapan itu sekalian tidak memperoleh gelar apa saja, prestasi paling tinggi mereka ialah perempat final Piala Dunia 2006, saat itu mereka disingkirkannya Portugal di fase beradu penalti.

Kesempatan ini Topbet.id akan ajak pembaca untuk sedikit bernostalgia dan menyaksikan siapa pemain yang berada di dalam tim Sven Gorran Eriksson ini. Berikut penjelasan lengkapnya.

Paul Robinson

Penjaga gawang Paul Robinson

Paul Robinson dipercayai jadi penjaga gawang khusus timnas Inggris di Piala Dunia 2006, waktu itu dirinya sendiri dengan status sebagai penjaga gawang Tottenham Hotspur dan masih berumur 27 tahun.

Robinson sebetulnya tampil lumayan baik sepanjang fase babak group, Inggris keluar sebagai juara group B dengan perolehan tujuh point dan dirinya sendiri cuma kecolongan dua gol.

Sukses menaklukkan Ekuador di fase 16 besar, Robinson tidak berhasil jadi pahlawan Inggris di fase perempat final, mereka kalah 3-1 dari Portugal di fase beradu penalti.

Paul Robinson pada akhirnya putuskan pensiun pada tahun 2010, saat sebelum menggantung sepatu, ia sempat bela Blackburn Rovers dan Burnley.

Gary Neville

Bek Kanan Gary Neville

Gary Neville jadi figur tidak tergantikan disebelah kanan pertahanan timnas Inggris, ini muncul karena perform stabilnya bersama Manchester United.

Di Piala Dunia 2006, Neville cuma 1x bermain penuh sepanjang 90 menit di fase babak group, yaitu di pertandingan pembuka menantang Paraguay, ia selanjutnya tempati kursi cadangan saat teamnya berjumpa Trinidad dan Tobago, Swedia, dan Ekuador.

Neville baru kembali lagi ke starting XI Inggris saat mereka melesat ke fase perempat final, sayang, The Three Lions harus akhiri perjalanan mereka di Jerman selesai kalah 1-3 melawan Portugal di fase beradu penalti.

Sekarang ini Gary Neville telah pensiun dan tengah jalani karier baru sebagai pandit sepakbola.

John Terry

Bek tengah John Terry

Di jantung pertahanan, Inggris mempunyai John Terry, dirinya sendiri jadi figur penting dalam tim selesai tampilkan perform stabil di tingkat club bersama Chelsea.

Saat itu, Terry sukses mengantar The Blues memenangkan Liga Inggris pada musim 2005/06.

Di Piala Dunia 2006, dirinya sendiri sering jadi starter dan bermain penuh sepanjang 90 menit sebelumnya terakhir Inggris tersisih di fase perempat final.

Sekarang Terry telah sah menggantung sepatu, dianya sempat mencoba dunia kepelatihan dengan jadi pendamping pelatih Aston Villa.

Rio Ferdinand

Bek tengah Rio Ferdinand

Stabilitas dan perform kompak Rio Ferdinand bersama Manchester United mengantarkannya jadi opsi khusus di tim timnas Inggris, bersama John Terry, dirinya sendiri jadi figur utama di baris belakang.

Di Piala Dunia 2006, Ferdinand nyaris selalu bermain semenjak menit pertama dan bermain penuh, cuma di laga menantang Swedia dianya tampil sepanjang 57 menit.

Tidak jauh berbeda dengan beberapa rekannya lainnya, bek kelahiran London, Inggris itu juga menggantung sepatu, sekarang dianya mencoba karier sebagai pandit sepakbola.

Ashley Cole

Bek Kiri Ashley Cole

Ashley Cole bisa disebutkan sebagai salah satunya bek terbaik yang sempat dipunyai Inggris, stabilitasnya di tingkat club mengantar dianya mengamankan satu tempat di starting XI The Three Lions.

Cole bela tim nasional Inggris semenjak tahun 2001 sampai 2014 dan sukses mengumpulkan 107 caps.

David Beckham

Pemain tengah David Beckham

Figur David Beckham pasti tidak dapat dipisah dari timnas Inggris, ia sebagai salah satunya icon dalam tim The Three Lions.

Beckham jadi sisi dari tim Inggris semenjak tahun 1996 sampai 2009 dan sukses mengumpulkan 115 caps dengan catatan 17 gol.

Piala Dunia 2006 kelihatannya tidak akan dapat dilupakan pria yang sekarang ini berumur 47 tahun itu, bukan karena hanya negaranya tersisih di fase perempat final melalui fase beradu penalti, dianya cuma dapat bermain sepanjang 52 menit karena dibekap cidera.

Owen Hargreaves

Pemain tengah Owen Hargreaves

Owen Hargreaves jadi sisi penting dari tim timnas Inggris, ia mulai bela negaranya pada tahun 2001 sampai 2008 dan sukses mencatat 42 caps.

Piala Dunia 2006 kelihatannya akan selalu dikenang oleh Hargreaves, pasalnya ia jadi salah satu pemain yang melakukan pekerjaan dengan prima di fase beradu penalti di fase perempat final saat berjumpa Portugal. Sayang, pada akhirnya The Three Lions harus tergusur usai kalah 3-1.

Pemain kelahiran Kanada itu sekarang telah sah menggantung sepatu, awalnya, ia sempat bela klub-klub seperti Bayern Munchen, Manchester United dan Manchester City.

Frank Lampard

Pemain tengah Frank Lampard

Frank Lampard menjadi satu diantara pemain kunci Chelsea pada musim 2005/06, stabilitasnya di tingkat club mengantarkannya menjadi satu diantara pemain penting dalam tim The Three Lions.

Lampard kelihatannya hadapi dengan harapan tinggi di Piala Dunia 2006, tetapi sayang, saat itulah seperti tidak dinaungi keberuntungan.

Lampard, yang umumnya selalu sukses menyelesaikan penalti serta jadi penendang khusus penalti di Chelsea tidak berhasil melakukan pekerjaan secara baik, ia terhitung pelaksana eksekusi yang tidak berhasil di fase perempat final melawan Portugal.

Pemain tengah kelahiran Romford, Essex, Inggris itu putuskan pensiun sebagai pemain sepak bola professional di tahun 2017, dan langsung memilih untuk masuk ke dunia kepelatihan.

Sempat jadi juru strategi Derby County dan Chelsea, sekarang Lampard tengah melakukan pekerjaan sebagai pelatih Everton.

Steven Gerrard

Pemain tengah Steven Gerrard

Inggris betul-betul mempunyai beberapa pemain berkualitas dalam tim, Steven Gerrard sukses amankan satu tempat di starting XI selesai tampil oke di tingkat club bersama Liverpool.

Saat itu khalayak berasumsi jika Gerrard dan Lampard tidak dapat bermain di pada sebuah team, tetapi ke-2 nya masih tetap jadi pilhan Sven Gorran-Eriksson di baris tengah.

Gerrard bela tim nasional Inggris pada tahun 2000 sampai 2014 dan sukses mengumpulkan 114 caps dengan catatan 21 gol.

Sekarang ini, dianya telah pensiun dan tengah mencoba karier baru sebagai pelatih Aston Villa.

Joe Cole

Striker Joe Cole

Kesuksesan Chelsea memenangi Liga Inggris pada musim 2004/05 dan 2005/06 membuat beberapa pemain mereka dihandalkan di timnas negaranya masing-masing, hal itu berlaku untuk Joe Cole.

Pemain kelahiran London itu cukup dihandalkan Sven Gorran-Eriksson dan sering jadi starter.

Bersama The Three Lions, pria yang sempat bela Liverpool itu sukses mencatat 56 caps bersama tim nasional inggris dengan koleksi 10 gol.

Wayne Rooney

Striker Wayne Rooney

Ketajaman yang dipertunjukkan Wayne Rooney bersama Manchester United mengantar ia jadi penyerang khusus timnas Inggris, di Piala Dunia 2006, ia nyaris sering jadi opsi khusus di baris depan.

Bersama The Three Lions, Rooney sukses mencatat 120 caps dengan koleksi 53 gol.

Sayang, catatan manisnya sedikit ternodai di Piala Dunia 2006, ia memperoleh kartu merah di fase perempat final melawan Portugal dan Inggris juga pada akhirnya tersisih selesai kalah 1-3 di fase beradu penalti.