Angkatan Emas Timnas Prancis di Piala Dunia 1998
Timnas Prancis di Piala Dunia 1998

Angkatan Emas Timnas Prancis di Piala Dunia 1998

Diposting pada

Angkatan Emas Timnas Prancis di Piala Dunia 1998. Walau bertindak selaku tuan-rumah untuk ajang Piala Dunia 1998, Prancis tidak dipandang seperti calon serius untuk memenangkan kompetisi sepak bola paling tinggi saat itu. Tetapi, karena support besar supporter dan perform bagus sejauh kompetisi sampai pada akhirnya mengalahkan calon khusus, Brasil, di final, Team Ayam Jantan sukses mengusung piala Piala Dunia pertama saat sebelum angkatan 2018 meneruskan prestasi ini.

Team racikan Aime Jacquet tampil menarik dari babak group sampai final. Beberapa pemain yang diputuskannya mempunyai kualitas pribadi yang waktu itu dipandang tidak begitu spesial, tapi mempunyai kolektivitas yang membuat musuh benar-benar kesusahan memutus permainan mereka. Perform Prancis juga seakan jadi ide untuk penyelenggara-penyelanggara Piala Dunia selanjutnya untuk tampil seheroik kemungkinan di depan simpatisan mereka.

Berikut daftar beberapa pemain angkatan emas Timnas Prancis di Piala Dunia 1998.

Stéphane Guivarc’h

1. Striker: Stéphane Guivarc’h

Stéphane Guivarc’h kemungkinan dapat disebut jadi salah satu angkatan emas Prancis di Piala Dunia 1998 yang tidak berkilau profesinya di tingkat klub. Keberhasilan paling besarnya ialah memenangkan Liga Skotlandia bersama Rangers pada musim 1997/98.

Ia 2x dipilih sebagai hebat skorer Ligue 1 pada 1996/97 (Rennes, 22 gol) dan 1997/1998 (Auxerre, 21 gol).

Youri Djorkaeff

2. Pemain tengah Serang: Youri Djorkaeff

Bila profesi internasionalnya kelihatan berkilau, profesi club Youri Djorkaeff berkesan biasa saja. Prestasi terbaik ialah mengantar PSG memenangkan Piala Winners pada 1995/96 dan Inter Milan memenangkan Piala UEFA pada 1997/98.

Ia sempat juga dikukuhkan sebagai pembuat gol paling banyak Ligue 1 1993/94 dengan mencatatkan 20 gol.

Zinedine Zidane

3. Pemain tengah Serang: Zinedine Zidane

Apa yang dapat disebutkan untuk memvisualisasikan profesi Zinedine Zidane di dunia sepak bola? Sukses sebagai pemain dan dipandang sebagai salah satunya pemain terbaik dunia sejauh riwayat, Zidane sukses meniti profesi sebagai pelatih sepak bola. Keseluruhan tiga gelar Liga Champions dicapainya bersama Real Madrid, dan sekalian membuat riwayat sebagai salah satu team yang sukses memenangkan piala itu secara 3x berturut-turut semenjak pola baru dikenalkan. Luar biasa.

Emmanuel Petit

4. Pemain tengah tengah: Emmanuel Petit

Zaman kemasyhurannya sebagai pemain tidak lumayan panjang, tapi minimal benar-benar berharga. Jadi sisi dari timnas Prancis yang memenangkan Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000, keberhasilan besar lainnnya yang dicapai Emmanuel Petit ialah kesuksesannya jadi punggawa Arsenal yang sukses raih gelar Liga Inggris pada musim 1997/1998.

Christian Karembeu

5. Pemain tengah tengah: Christian Karembeu

Kesuksesan Christian Karembeu menjadi satu diantara pemain inti timnas Prancis diakhir 90an sebetulnya tidak sesuai dengan perjalanannya di tingkat club yang termasuk biasa saja. Karembeu menjadi satu diantara sisi dari team Real Madrid yang memenangkan Liga Champions pada 1997/98 dan 1999/2000, tapi dianya tidak pernah jadi pemain inti dalam keberhasilan itu.

Didier Deschamps

6. Pemain tengah Bertahan: Didier Deschamps

Didier Deschamps jadi figur pertama kali yang sukses mengusung Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih sesudah kesuksesannya memenangkan Piala Dunia 1998 sebagai pemain dan memenangkan kompetisi yang serupa 20 tahun berlalu sebagai pelatih Antoine Griezmann dkk.

Profesi terbaik di tingkat club dilaluinya bersama Juventus di mana ia raih piala Serie A dan Liga Champions bersama club asal Turin itu. Selainnya bersama Juventus, Deschamps sempat juga mengenakan seragam Marseille, Chelsea, dan Valencia.

Bixente Lizarazu

7. Bek Kiri: Bixente Lizarazu

Profesi berkilau Bizente Lizarazu tentu saja saat ia mengenakan seragam Bayern Munich dan sukses menyembahkan piala Liga Champions dan beberapa piala yang lain untuk club Bundesliga itu. Sejauh tengah 90an sampai awalnya 2000an, Lizarazu dikenali sebagai salah satunya full back terbaik dalam angkatannya karena perform stabil yang ditunjukkannya.

Marcel Desailly

8. Bek tengah: Marcel Desailly

Salah satunya pemain Prancis paling sukses di eranya saat dianya sukses raih dua piala Liga Champions bersama AC Milan dan Marseille. Marcel Desailly ialah seorang palang pintu kuat yang baik saat membaca permainan musuh, tapi juga agresif dan mempunyai karisma kepimpinan yang menjadikan dihormati rekanan musuh dan segrup.

Frank Leboeuf

9. Bek tengah: Frank Leboeuf

Salah satunya angkatan emas Prancis di Piala Dunia 1998 dengan perjalanan profesi yang unik ingat Frank Leboeuf memutuskan untuk masuk ke dunia peran demikian dianya pensiun. Ia sebagai salah satunya punggawa Chelsea di tengah 90an dan menyembahkan enam piala lokal mapun Eropa untuk club berbasiskan di London Barat itu.

Lilian Thuram

10. Bek Kanan: Lilian Thuram

Antiknya, profesi Lilian Thuram langsung melesat sesudah sukses menyembahkan piala Piala Dunia 1998 untuk Prancis. Satu tahun sesudahnya ia sukses bawa Parma memenangkan Piala UEFA dan Coppa Italia, lalu meneruskan profesinya bersama raksasa Serie A, Juventus.

Fabien Barthez

11. Penjaga gawang: Fabien Barthez

Sejauh ajang Piala Dunia 1998, gawang Fabien Barthez cuma kecolongan 2 gol dan keseluruhannya cetak 10 clean sheet di semua partai Piala Dunia yang ia ikuti.

Performa eksentrik dengan kepala plontos dan kepimpinannya di bawah garis menjadikan sebagai salah satunya icon sepak bola Prancis diakhir 90an.